Pada hari Selasa, 20 Syawal 1442/ 1 Juni 2021 Pusat Penjaminan Mutu STIBA Makassar menggelar kegiatan Focus Group Discussion dengan pembahasan rencana strategis STIBA Tahap II untuk tahun 2022-2027. Hadir sebagai undangan asatidzah dari unsur senat dan dosen-dosen STIBA, kegiatan ini dilakukan secara hibryd (pertemuan langsung dan media virtual zoom) dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang

Dalam sambutannya, ketua STIBA Makassar menyampaikan pentingnya menyusun Renstra STIBA ini secara bersama- sama untuk mengejar target visi STIBA masuk sebagai 10 besar pusat studi islam dan bahasa arab pada tahun 1453 H/ 2032 M. STIBA telah membentuk tim FGD untuk merumuskan bahan analisis SWOT setelah melakukan evaluasi mengenai pencapaian STIBA dari program 2017-2021. Hal yang diharapkan dari kegiatan FGD ini lahirnya program-program yang terbaik STIBA dalam program prioritas 5 tahun kedepan. Tentu bahan yang disajikan ini hanya sebagai gambaran awal dengan keterbatasan tim melihat dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman STIBA, sehingga FGD ini juga dapat menyempurnakan bahan yang ada dari masukan para peserta dari unsur senat dan dosen-dosen lainnya.

Proses FGD berlangsung khidmat dari pukul 13.30-17.00 Wita, membahas 9 kriteria dari indikator penilain BAN PT mencakup: 1) Visi Misi, tujuan dan strategi, 2) Tata Pamong, tata kelola dan kerja sama, 3) Mahasiswa, 4) Sumber Daya Manusia, 5) Keuangan, sarana dan prasarana, 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian Kepada Masyarakat, dan 9) Luaran dan Capaian Lulusan. Kesembilan kriteria ini kemudian dianalisis dengan SWOT untuk mengetahui evaluasi pencapaian STIBA dalam empat tahun yang berlalu dan program yang akan dimasukkan dan dalam rencana strategis. Hasil yang diperoleh dari FGD ini berupa usulan tambahan analisis dan juga masukan program untuk lima tahun kedepan berupa target jumlah guru besar STIBA, penyusunan indikator terukur untuk visi misi STIBA 2032, program pengembangan infrastruktur asynchronous learning, pengembangan manajemen personalia dan masih banyak lagi masukan-masukan para peserta.

Dalam penutupan kegiatan FGD, ketua STIBA   mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan asatidzah hingga sore hari dalam memberikan ide-ide terbaiknya, dan kepada tim untuk tetap melanjutkan kerjanya dengan mengolah data yang masuk dan merumuskan langkah strategi STIBA di tahun 2022-2027.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *